Cara nge-Dumb database ke subuah file sql Mysql

Salah satu cara yang aman dan mudah untuk menyimpan file database yaitu dengan dumb di mysql. istilah ini digunakan untuk mengirimkan perintah-perintah yang telah kita lakukan saat membuat database ke dalam suatu file yang berekstensi .sql. ini memudahkan untuk mengirimkan database ke tempat lain. ada cara lain yaitu dengan mengkopi direktori data pada my sql namun cara ini tidak disarankan karena dapat mengakibatkan kanker, serangan jantung,..blablabla... dan gangguan kehamilan dan janin pada database anda..
Hal pertama yaitu cara mengexport suatu data dari mysql anda..
ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan  cara mengetik perintah ini di cmd.

mysqldump [Nama Database] -u [Username] -h [Host] -p [Password] > [Nama File Database].sql
Contohnya :
mysqldump perpustakaan -u root -h localhost -p > perpustakaan.sql

Ingat sebelum mengetikkan perintah diatas pastikan anda membuka cmd sebagai administrator.. untuk pengguna windows 7 dapat dilakukan dengan mengklik start button kemudian menuliskan cmd pada kotak search programs and files. (jangan tekan enter). tunggu hingga matang.. maksudnya hingga cmd.exe muncul pada kotak hasil pencarian. kemudian klik kanan pada cmd.exe dan pilih run as administrator. jika muncul kotak pilih yes.
setelah masuk sebagai admin. dapat ditandai dengan direktori yang muncul pertama kali bukan user. melainkan system. buka direktori bin mysql.. jika susah mencari dan membuka direktori binnya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Klik start button.
2. Tulis Mysql di search programs and files hingga muncul mysql command line client
3. Klik kanan pada mysql command line client
4. Klik properties
5. Di kotak start in ada direktori binnya.. ini sya kasi liat screen shotx
itu direktorinya di lingkarin.. Kenapa saya kasih tau ini. soalnya biasanya mysql tuh diinstalnya agak-agak ditempat yang tidak pantas.. misalnya di direktori aplikasi printer ataupun media player. suka nyasar gitu dah kalu nginstalnya dengan metode next-next.
Nah cara membuka direktorinya gampang. tinggal copy direktori diatas(lengkap dengan tanda kutipnya yah) kemudian diawali dengan "cd".
untuk contoh diatas menjadi (cd "c:\Program files\Mysql\Bin\")
setelah terbuka baru deh bisa di dumb dengan cara pertama tadi.Inget file hasil dumbnya ada di dalam direktori bin itu y.jadi dangan bingung carinya.

Untuk mengimpornya juga sama.. caranya yaitu:
1. file sql hasil dumb tadi di copy dulu ke direktori bin mysql pada komputer lain.
2. buka cmd.(seperti cara diatas>harus administrotor dan masuk kedirektori bin mysqlnya)
3. Ketik 
mysql [Nama Database] -u [Username] -h [Host] -p [Password] < [Nama File Database].sql
Contohnya :
           mysql perpustakaan -u root -h localhost -p < perpustakaan.sql

Selesai dahhh... sebenarnya jika anda sudah mahir bisa mengedit database tersebut melalui file .sql ini melaluin notepad. tapi karena isinya yang rada-rada script ya begitulah.
cat: jika anda ingin menggabungkan database dari bin ini dapat menghapus tabel lain.. misal anda hanya mengisi tabel "a" kemudian teman anda mengisi tabel "b" dikomputernya dan anda mengimport tabel "b" tersebut ke komputer anda maka dapat terjadi hilangnya isi tabel "a".
Penggabungan tabel dapat dilakukan yaitu dengan mengkopi sebagian isi dari file .sql yang kita ingin import melalui notepad. (cukup script yang tabelnya ingin kita ambil isinya). untuk lebih jelasnya bisa direquest selanjutnya. thx..

 

Comments

  1. Napa dia ndak bisa...? Nehh bingung saya, udah saya coba tapi "The system cannot find the file specified." tu dia keluar.. gimana donk?

    ReplyDelete
  2. ikutin langkahnya pasti bener.. itu importnya kan gk bisa. dicopi dulu filenya ke bin.. trus kalau database yang mw diimport gda create dulu databasenya di mysql.. misal mw import perpustakaan tuh kita harus sudah punya database yang namax perpustakaan di mysql kita

    ReplyDelete
  3. Gan ada tutorial bikin installer delphi dengan database mysql?

    ReplyDelete

Post a Comment